Tujuan & Sasaran

Tujuan Program Studi:

Sejalan dengan tujuan STKIP Siliwangi Bandung, maka Program Studi Pendidikan Guru-PAUD memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Memenuhi kebutuhan tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang berkualifikasi S1 PG-PAUD di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan wilayah sekitarnya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten/Kota tersebut baik dari segi ketersediaan jumlah pendidik maupun kualitas pembelajaran yang dilakukan.
  2. Menghasilkan Tenaga Pendidik PAUD yang:
  1. Profesional, berintegritas, memiliki kearifan lokal yang bernuansa Keprawiraan Siliwangi, dan mampu melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, inovatif, dan relevan dengan harapan/kebutuhan masyarakat, mengikuti perkembangan IPTEKS serta dapat bersaing di tingkat lokal dan nasional dalam Pendidikan PAUD.
  2. Memecahkan masalah-masalah dalam pendidikan PAUD melalui penelitian yang bermutu dalam berbagai aspek pembelajaran anak usia dini.
  3. Memecahkan masalah-masalah di masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat secara multidisiplin keilmuan.
  4. Memantapkan optimalisasi peran dan fungsi program studi di tingkat lokal dan nasional dengan memperluas jejaring kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Sasaran Program Studi:

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dan Rencana Strategis (Renstra) STKIP Siliwangi Bandung  sebagai lembaga induknya, maka Program Studi Pendidikan Guru-PAUD STKIP Siliwangi Bandung memiliki sasaran dan strategi pencapaian sebagai berikut:

  1. Strategi pencapaian Mutu Input Mahasiswa : a) melakukan promosi program studi dan b) melaksanakan seleksi mahasiswa baru.
  2. Strategi pencapaian Proses Pembelajaran: a) Meningkatkan jumlah komputer di laboratorium komputer dan Alat Permainan Edukatif (APE); b) Memperbaharui materi dan bahan ajar sesuai dengan perkembangan kurikulum, IPTEKS, tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang dilakukan setiap akhir tahun akademik; c) Mengajukan peningkatan jumlah ruangan perkuliahan sesuai dengan pertambahan jumlah mahasiswa; d) Mengajukan pembangunan ruangan baru khusus untuk diskusi mahasiswa Program Studi PG-PAUD, sehingga tercipta suasana akademik yang kondusif; e) Meningkatkan jumlah infokus, sehingga tersedia di setiap ruangan; f) Meningkatkan penulisan buku dan modul bahan ajar per kelompok bidang
  3. Strategi pencapaian Peningkatan Mutu Lulusan: Melengkapi dan menyempurnakan perangkat kurikulum yang mencakup silabus, handout, RPS untuk semua mata kuliah.
  4. Strategi pencapaian Mutu Dosen: a) Meningkatkan jumlah dosen yang berkualifikasi S2 ke atas yang disesuaikan dengan kebutuhan pencapaian rasio ideal antara dosen dan mahasiswa; b) Mendorong dosen mengikuti berbagai pelatihan, seminar, penataran, dan studi lanjut baik di tingkat Nasional maupun Internasional.
  5. Strategi pencapaian Mutu Riset dan Publikasi Dosen: a) Meningkatkan jumlah penelitian dosen setiap tahun baik yang didanai secara mandiri, oleh STKIP Siliwangi maupun oleh DIKTI; b) Melaksanakan kegiatan seminar nasional khusus tentang pendidikan PAUD untuk memfasilitasi publikasi hasil penelitian; c) Membuat jurnal ilmiah PG-PAUD di STKIP Siliwangi; d) Memotivasi peningkatan jumlah dosen yang memperoleh hibah penelitian dari Dikti melalui pelatihan stimulus penelitian yang dilaksanakan secara berkala dengan mendatangkan pembicara dari Dikti; e) Melibatkan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan oleh dosen.
  6. Strategi pencapaian Mutu Kegiatan Kerjasama: a) Melaksanakan pelatihan dan lokakarya kepada Tutor PAUD secara berkala yang dimulai dari wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung; b) Memberikan penyuluhan tentang kependidikan secara umum atau tentang pendidikan PAUD secara khusus yang dilaksanakan setiap tahun bersamaan dengan pembimbingan KKNM dan PLP sesuai dengan jadwal dari UPT P2M dan UPT PLP. c) Meningkatkan jumlah MoU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang berkaitan dengan perekrutan calon mahasiswa dan pembinaan PAUD yang ada di dalam Kabupaten/Kota tersebut; d) Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain yang mempunyai program studi yang sama; e) Meningkatkan kerjasama dengan berbagai bank dalam pengelolaan keuangan di STKIP Siliwangi Bandung.
  7. Strategi pencapaian Mutu Sistem Administrasi: a) Merekrut dan menambah tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan sesuai dengan bidangnya; b)Meningkatkan kemampuan kompetensi tenaga kependidikan dengan cara mendelegasikan tenaga kependidikan dalam pelatihan/workshop yang sesuai dengan bidangnya; c) Mengembangkan sistem jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN) yang digunakan tenaga kependidikan guna menunjang pekerjaan yang lebih baik lagi.

Keseluruhan strategi pencapaian dimonitoring dan dievaluasi oleh Tim Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di tingkat program studi secara berkala.